Syarat Dan Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri.

Oleh PT. QMED SOLUSI INDONESIA.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri ini adalah perjanjian antara pendaftar (Anda selaku calon pengguna aplikasi) dengan PT QMED SOLUSI INDONESIA (selaku penyedia layanan aplikasi).

Dalam hal Anda melanjutkan proses registrasi (pendaftaran mandiri) untuk menggunakan aplikasi QMED, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti dan menyetujui, karenanya menundukkan diri pada isi dari syarat dan ketentuan pendaftaran Aplikasi QMED secara mandiri. Untuk selanjutnya, Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri ini akan disebut sebagai "Perjanjian".

Pada prinsipnya Anda (selaku pendaftar / calon pengguna aplikasi) bebas untuk menentukan dan memilih untuk mengikatkan diri atau tidak kedalam "Perjanjian" ini. Dengan demikian, jika Anda tidak menyetujui bagian manapun dari syarat dan ketentuan dalam "Perjanjian" ini, baik untuk sebagian maupun seluruhnya, maka Anda (selaku pendaftar / calon pengguna aplikasi) diminta untuk tidak memberikan tanda persetujuan pada kolom checklist yang tersedia, dan berhenti melanjutkan proses registrasi.

I. ISTILAH UMUM

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri (selanjutnya akan disebut sebagai “Perjanjian” ) mengatur hubungan Anda (Perorangan) selaku pengguna layanan aplikasi, dengan PT QMED SOLUSI INDONESIA, selaku penyedia layanan aplikasi. Dalam "Perjanjian" ini istilah-istilah yang akan disebut memiliki arti sebagai berikut :

  1. QMED adalah aplikasi berupa sistim antrian yang dapat diakses melalui perangkat ponsel pintar dengan spesifikasi yang sesuai, yang dapat digunakan oleh pengguna jasa kesehatan dan penyedia jasa kesehatan yang telah memiliki akun, untuk menjadwalkan antrian pemeriksaan atau pertemuan.
  2. PT.QMED SOLUSI INDONESIA (selanjutnya disebut "QSI") adalah badan hukum yang merupakan pemilik dan penyedia (menyediakan) aplikasi layanan antrian yang disebut QMED, dan bukan penyedia layanan kesehatan.
  3. PENGUNA JASA KESEHATAN adalah pasien.
  4. PENYEDIA JASA KESEHATAN adalah dokter, mantri, bidan, terapis, perawat.
  5. PENGGUNA APLIKASI adalah pengguna jasa kesehatan dan penyedia jasa kesehatan yang memanfaatkan aplikasi QMED untuk menjadwalkan pertemuan dan/atau pemeriksaan.
  6. AKUN adalah identitas yang diberikan oleh QSI kepada Pengguna Aplikasi QMED setelah yang bersangkutan menyelesaikan pendaftaran dan melengkapi persyaratan serta informasi pribadi.
  7. INFORMASI PRIBADI adalah informasi mengenai Anda (Pengguna Aplikasi) yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi QMED pada saat Anda (Pengguna Aplikasi) melakukan pendaftaran maupun menggunakan Aplikasi QMED, diantaranya seperti nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail) Anda, Surat Ijin Praktik, Kartu Tanda Penduduk dan/atau sejenisnya.
  8. LAYANAN adalah sistim antrian melalui QMED.
  9. MITRA adalah penyedia jasa kesehatan yang mendaftarkan diri dan pendaftaran-nya telah berhasil diproses dan disetujui untuk menggunakan QMED.
  10. PONSEL PINTAR adalah telepon selular yang dapat terhubung dengan QMED.
  11. PASIEN adalah pihak ketiga yang menjadi pengguna atau pelanggan QMED untuk menggunakan layanan antrian pada tempat praktik mitra melalui aplikasi QMED.
  12. PERSYARATAN adalah syarat dan ketentuan pada "Perjanjian" ini, Kebijakan Privasi atau syarat dan ketentuan penggunaan QMED maupun fitur-fitur didalam QMED
  13. KONTRAK ELEKTRONIK adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

II. PENDAFTARAN

  1. MITRA dapat melakukan pendaftaran setelah memberikan persetujuan atas syarat dan ketentuan dalam "Perjanjian" ini, setelah MITRA membaca dan memahaminya. MITRA mengerti dan menyetujui bahwa apabila MITRA menyelesaikan proses pendaftaran dan disetujui sebagai MITRA, maka MITRA mempunyai kewajiban untuk mentaati setiap kebijakan dalam Persyaratan dalam penggunaan QMED. Dalam hal MITRA tidak setuju dengan sebagian ataupun seluruh syarat dan ketentuan dalam "Perjanjian" ini, maka MITRA dapat memilih untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran.
  2. QSI dapat mengubah dan atau menambah persyaratan maupun ketentuan dari waktu ke waktu berdasarkan kepada pertimbangannya sendiri, namun demikian perubahan atau penambahan atas persyaratan maupun ketentuan tersebut baru akan berlaku setelah QSI mengumumkan perubahan atau penambahan persyaratan tersebut. Perubahan atau penambahan dapat mencakup perubahan kebijakan yang sudah ada dalam persyaratan, ataupun penambahan syarat dan ketentuan lainnya. Pengumuman mengenai hal tersebut (perubahan dan/atau penambahan) dapat dilakukan oleh QSI melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh QSI.
  3. Untuk dapat disetujui menjadi MITRA, maka MITRA diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh QSI termasuk namun tidak terbatas :
  4. Kartu tanda pengenal yang dapat mengidentifikasi identitas dan kapasitas MITRA selaku penyedia jasa kesehatan, diantaranya seperti Kartu Tanda Penduduk, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan Keanggotaan organisasi profesi terkait, dan tanda bukti telah memiliki ijin praktik yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang untuk itu.
  5. Memiliki/menguasai tempat praktik yang sesuai dengan persyaratan yang diatur oleh instansi yang memiliki kewenangan untuk itu dan ketentuan hukum yang berlaku.
  6. Menyatakan bahwa MITRA telah berpraktik di tempat yang didaftarkan selama minimal kurun waktu 2 (dua) tahun, dan masih menguasai dan akan berpraktik di tempat tersebut selama minimal 3 (tiga) tahun kedepan terhitung sejak tanggal pengajuan pendaftaran.
  7. Menjamin bahwa MITRA tidak pernah / tidak sedang dikenakan sanksi baik administratif maupun etik oleh organisasi atau instansi yang memiliki kewenangan untuk itu.
  8. Memiliki catatan yang baik dan tidak pernah masuk dalam daftar hitam Kepolisian Republik Indonesia yang dibuktikan dengan SKCK.
  9. MITRA mengerti dan memahami bahwa untuk dari waktu ke waktu QSI atas dasar pertimbangannya sendiri, berhak untuk memberlakukan dan/atau meminta syarat-syarat tambahan selain yang telah disebutkan diatas, baik pada saat pendaftaran, dalam proses pendaftaran maupun setelah proses pendaftaran, diantaranya (dalam arti termasuk namun tidak terbatas) seperti meminta MITRA untuk menyerahkan dokumen berupa copy legalisir untuk disimpan oleh QSI dan memperlihatkan dokumen yang berstempel basah, seperti ijazah, kartu keluarga, surat ijin praktik atau dokumen lain yang ditentukan oleh QSI, meminta MITRA untuk melengkapi dan mentaati persyaratan maupun peraturan yang diwajibkan atau diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, oleh karena itu dengan ini MITRA menyatakan dengan tegas memberikan persetujuannya terhadap hal-hal sebagaimana dimaksud diatas.

  10. MITRA hanya dapat melakukan pendaftaran setelah memberikan informasi pribadi yang berkaitan dengan identitas dan kapasitasnya kepada QSI, diantaranya seperti nama, alamat praktik dan tempat tinggal, nomor telepon, email (surat elektronik), dan informasi lainnya. Untuk itu MITRA menjamin bahwa segala informasi dan keterangan yang diberikan kepada QSI adalah benar (dalam arti sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya) dan karena itu sekarang ini untuk pada saatnya nanti MITRA menyatakan dan menjamin bertanggung jawab penuh atas kebenaran informasi dimaksud. MITRA bertanggung jawab atas semua kewajiban yang timbul dari atau sehubungan dengan penyerahan informasi oleh MITRA kepada QSI.
  11. MITRA setuju hanya dapat mendaftar untuk 1 AKUN dan segala akibat yang timbul sehubungan penggunaan AKUN tersebut, baik kewajiban maupun kerugian yang disebabkan oleh pihak manapun atas AKUN tersebut sepenuhnya adalah tanggung jawab MITRA.
  12. MITRA setuju dan berjanji untuk melakukan pemberitahuan kepada QSI secara tertulis baik melalui surat tercatat maupun surat elektronik (email), bilamana terdapat perubahan atas informasi pribadi dan/atau informasi tertentu lainnya yang MITRA yang telah berikan kepada QSI, diantaranya nama, alamat, nomor telepon, dan informasi mengenai tempat praktik, maupun lainnya.
  13. DATA PERSONAL Anda tunduk berdasarkan Kebijakan Privasi dari Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri ini. Kebijakan Privasi dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat & Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri ini, dan persetujuan Anda atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED Secara Mandiri ini merupakan penerimaan Anda atas Kebijakan Privasi.
  14. Anda mengerti dan menyetujui bahwa QSI berhak penuh untuk menentukan hasil dari proses pendaftaran Anda berdasarkan diskresinya sendiri. Anda menyetujui bahwa dengan mengikuti dan menyelesaikan proses pendaftaran tidak memastikan keberhasilan MITRA untuk menjadi terdaftar dan terkualifikasi untuk menyediakan jasa melalui Aplikasi QMED.

III. KEBERLAKUAN PERJANJIAN

Perjanjian ini berlaku dan mengikat terhitung sejak MITRA menyelesaikan proses pendaftaran di aplikasi QMED. QSI maupun MITRA berhak untuk mengakhiri syarat dan ketentuan pendaftaran secara mandiri ini secara sepihak sewaktu-waktu sebelum berakhirnya masa berlaku perjanjian dengan mengesampingkan pasal 1266 KUHPerdata. MITRA mengetahui dan menyetujui bahwa QSI memiliki hak untuk menutup akses MITRA kepada akun yang dimilikinya dalam Aplikasi QMED dalam hal syarat dan ketentuan pendaftaran aplikasi QMED secara Mandiri ini berakhir.

IV. KETENTUAN LAIN

MITRA dengan ini membebaskan QSI dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya, baik dalam sebuah gugatan perdata maupun setiap gugatan pidana yang dialami oleh MITRA, dalam bentuk apapun terkait dengan jasa yang ditawarkan, maupun disediakan, diselenggarakan atau diselesaikan MITRA melalui aplikasi QMED. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan/atau pelaksanaan dari perjanjian ini maka QSI sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka QSI dan MITRA sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui pengadilan negeri Bandung, dengan tidak mengurangi hak QSI untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian, atau instansi terkait lainnya dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

V. PEMBENTUKAN KONTRAK

Para Pihak setuju dan sepakat bahwa Syarat & Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED secara mandiri ini dibuat dalam bentuk Kontrak Elektronik dan dengan ini menyetujui untuk memulai proses pendaftaran dengan mengklik persetujuan atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran yang merupakan bentuk pernyataan persetujuan atas ketentuan Syarat & Ketentuan dalam "Perjanjian" ini sehingga Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini sah, dan mengikat Para Pihak serta dapat diberlakukan.

Para Pihak setuju bahwa tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dengan pembentukan maupun keabsahan Syarat & Ketentuan Pendaftaran Aplikasi QMED secara mandiri ini, berikut perubahannya dalam bentuk Kontrak Elektronik.

Para Pihak setuju dan sepakat bahwa segala perubahan atas Perjanjian ini dan Persyaratan (termasuk syarat dan ketentuan untuk penggunaan fitur fitur lain dalam Aplikasi QMED), perubahan mana dapat dilakukan oleh QSI atas dasar pertimbangannya sendiri, juga dapat dibuat secara elektronik sebagai salah satu bentuk Kontrak Elektronik.

Perubahan atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini atau Persyaratan akan berlaku setelah QSI mengumumkan perubahan Persyaratan tersebut baik melalui Aplikasi ataupun melalui media lainnya yang dipilih oleh QSI dan MITRA menyetujui bahwa akses atau penggunaan MITRA yang berkelanjutan atas Aplikasi QSI maupun kelanjutan kerjasama MITRA dengan Kami setelah tanggal pengumuman atas perubahan syarat dan ketentuan dalam Persyaratan akan diartikan bahwa MITRA setuju untuk terikat oleh Persyaratan, sebagaimana telah diubah atau ditambahkan.

VI. PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI

MITRA menyetujui bahwa QSI berhak untuk mengumpulkan dan menggunakan setiap informasi yang diberikan maupun dihasilkan oleh MITRA sebagaimana diatur juga dalam Kebijakan Privasi, informasi tersebut termasuk namun tidak terbatas kepada Informasi Pribadi yang diberikan oleh MITRA pada saat pendaftaran Aplikasi QMED, informasi mengenai lokasi MITRA yang dapat diketahui melalui Aplikasi QMED, informasi mengenai transaksi MITRA melalui Aplikasi QMED, maupun informasi lainnya yang tersedia kepada dan dapat diakses oleh QSI melalui pengunduhan, instalasi dan penggunaan Aplikasi QSI oleh MITRA, termasuk namun tidak terbatas kepada memberikan ataupun penyebarluasan informasi tersebut kepada Pihak Ketiga manapun, termasuk pemberian informasi yang diperlukan kepada aparat yang berwenang yang memproses klaim jika terdapat keluhan, perselisiha atau konflik, yang dapat termasuk kecelakaan, yang melibatkan MITRA dan Pelanggan dan informasi atau data tersebut diperlukan untuk menyelesaikan keluhan, perselisihan, atau konflik maupun pemberian informasi untuk keperluan komersil. Kami maupun pemberian informasi kepada instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

MITRA dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan Aplikasi QSI, baik informasi mengenai QSI maupun mengenai Pelanggan, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari QSI sebelumnya.

VII. PERSETUJUAN

Perjanjian ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara elektronik oleh QSI dan MITRA dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah tindakan mengklik persetujuan secara elektronik atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini, maka QSI dan MITRA setuju untuk dianggap bahwa MITRA telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran dengan penuh tanggung jawab.